Tim Sukses Prabowo Meminta Jokowi Untuk Tidak Berkampanye Saat Membantu Korban Bencana di Palu

prabowo minta jokowi tidak kampanye

Tim Kampanye Prabowo-Sandiaga meminta agar Jokowi tidak berupaya melakukan kampanye saat memberikan bantuan kepada para korban gempa dan tsunami di Kabupaten Donggala dan Kota Palu, Sulawesi Tengah. Hal ini merupakan kelanjutan dari pernyataan Bawaslu RI yang meminta para pejabat negara untuk tidak menggunakan logo partai apapun saat menyalurkan bantuan.

Menurut dia, Prabowo-Sandiaga juga berencana memberi bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu memastikan bantuan tersebut tak akan dibungkus dengan logo partai ataupun nomor urut Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Sebelumnya, Bawaslu RI melarang penggunaan logo partai saat memberikan bantuan kepada korban gempa dan tsunami di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Bawaslu juga meminta agar para pejabat negara atau daerah tidak menggunakan nomor urut parpol serta ajakan untuk memilih.

Pengalaman adanya logo partai dan ajakan sebagai salah satu bentuk kampanye pada saat menyelurkan bantuan menjadi dasar dari larangan ini. Fritz menjelaskan, larangan tersebut berdasarkan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Menurut dia, yang terbukti melakukan hal itu bisa dikenai sanksi melanggar Pasal 282 dan 283 UU Pemilu.