Sandiaga Uno Kembali Disorot Soal Perilaku Saat Berziarah

sandiaga disorot saat ziarah

Calon wakil Presiden nomor urut 2, Sandiaga Uno kembali disorot dengan aksinya yang dianggap tidak sopan saat berziarah ke makam leluhur. Elite PBNU yang juga merupakan anggota fraksi PDIP DPR Nasyirul Fallah Amru menilai perilaku Sandiaga Uno yang melangkahi makam serta menabur bunga seperti memberi makan ternak menunjukkan ketidakhormatan.

Pria yang akrab disapa Gus Fallah itu menyebut Sandiaga tak paham sopan santun dan kultur politik bangsa. Dia menyebut warga Nahdlatul Ulama tersinggung dengan aksi Sandiaga. Gus Falah menyoroti Sandiaga berdiri saat menabur bunga sebelum melangkahi makam. Gus Falah menilai Sandiaga Uno tidak paham etika ziarah.

“Menabur bunga itu harus sopan, duduk, bersimpuh. Sebab, ziarah itu harus dilakukan dengan niatan bersih, dan tidak bisa dilakukan dengan motif kekuasaan hanya karena menjadi calon, lalu menjadi rajin ziarah kubur,” ulasnya.

Soal video viral Sandiaga melangkahi makam, Timses Prabowo-Sandi meyakini tak ada niat jelek dari cawapresnya. Apalagi video viral itu video lama.

“Ini kan video lama, pada hari Santri Nasional, di Jombang. Pak Prabowo dan Bang Sandi datang silaturahmi. Ini video lama. Jadi karena memang ingin mencari-cari kesalahan, ya beginilah, mereka ingin mencari-cari kesalahan Pak Prabowo dan Bang Sandi terus memilih isu personal. Tetapi yang jelas Pak Prabowo dan Bang Sandi tidak punya niat untuk melecehkan kuburan tokoh pendiri NU itu. Beliau hanya berziarah, menabur bunga, berdoa. Nggak sengaja itu,” kata juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade.

Juru bicara lainnya, Irfan Yusuf Hasyim (Gus Irfan), menyoroti pendamping Sandi saat ziarah tersebut. Gus Irfan mengatakan selama ini ziarah Prabowo-Sandiaga tak pernah bermasalah.