Program Green Jobs yang Ditawarkan Sandiaga Uno Kepada Warga Tanggerang Selatan

program green jobs sandiaga uno

Masalah lingkungan hidup yang terus berkelanjutan menjadi salah satu program yang ditawarkan oleh Sandiaga Salahudin Uno kepada warga Tanggerang Selatan jika ia terpilih menjadi wakil presiden pada pemilu 2019 mendatang.

Konsep program yang ditawarkan adalah green jobs, dimana segala pengerjaan lingkungan menggunakan cara yang ramah lingkungan. Menurut Sandiaga Uno, masalah lingkungan hidup sudah dijalankan oleh relawannya.

Menurut Sandi, Green Jobs nantinya bisa diterapkan di berbagai tempat. Misalnya jika di wilayah pedesaan, maka pengelolaan sungai atau pelestarian lingkungan alam lainnya dapat membuka lapangan kerja baru yang signifikan.

“Kita bisa mendidik dua sampai tiga juta tenaga kerja baru. Kita bisa rehabilitasi lahan-lahan kritis, pantai juga bisa kita perbaiki,” ucapnya.

Sedangkan jika diterapkan di wilayah perkotaan, seperti di Kota Tangsel, Green Jobs dapat merubah pengelolaan gedung-gedung yang ada menjadi ramah lingkungan dan berbasis energi terbarukan.

“Kalau di Tangsel ini adalah bagaimana mengkonversi gedung-gedung agar ramah lingkungan, gedung ini bisa mengonsumsi energi yang lebih hemat, gedung-gedung ini bisa menggunakan energi alternatif baru dan terbarukan,” jelasnya.

Data yang dihimpun, setidaknya ada enam kriteria dasar suatu gedung bisa dikatakan ramah lingkungan, yaitu tepat guna lahan, efisiensi energi dan refrigeran, konservasi air, kualitas dan kenyamanan udara, sumber dan siklus material, serta manajemen lingkungan bangunan.