Pemerintah Berupaya Menjaga Kondisi Tetap Stabil

Pemerintah Berupaya Menjaga Kondisi Tetap Stabil

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengatakan, pemerintah berupaya untuk menjaga prakondisi stabil, baik stabilitas politiknya, stabilitas keamanannya maupun penegakkan hukum agar bisa dilakukan dengan baik.

“Prakondisi ini lah yang memberikan bidang-bidang lain untuk bekerja dan dapat sukses, baik masalah moneter, ekonomi, pariwisata, maupun perdagangan serta pemerintahan. Ini perlu prakondisi dari kerja jajaran Kemenko Polhukam,” kata Wiranto dalam acara Empat Tahun Kerja Pemerintahan Jokowi-JK di Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta, Kamis (25/10).

Wiranto menyebutkan, tingkat kepercayaan publik terhadap pemerintah selama empat pemerintahan Jokowi-JK itu sangat tinggi.

“Ada dua yang sama ‘point’-nya. Swiss dan Indonesia. Kemudian juga Indonesia disampaikan oleh laporan global bahwa Indonesia berada di nomor 9 di dunia sebagai negara teraman. Pada 2016 di US News, Indonesia merupakan tujuan berinvestasi nomor dua yang terbaik, yang teraman. Tidak mungkin investasi masuk negara yang tidak jelas hukumnya,” tuturnya.

Oleh karena itu, tentunya indikasi itu memang memenuhi syarat bahwa kinerja jajaran di bawah Kemenko Polhukam dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan sudah terjaga selama empat tahun ini.

Menko Polhukam juga menyebutkan bahwa Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) itu sudah berjalan dengan baik, meski masih ada fluktuasi. “Stabilitas politik naik turun. Tetapi, nggak sampai mendidih,” ucapnya.

Hadir dalam pemaparan itu, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Wakapolri Komjen Pol Ari Dono, Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi, Menpan RB Syafruddin, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menkum HAM Yasonna Laoly dan Kepala BNN Komjen Pol Heru Winarko.