Kunjungan Negara Presiden Joko Widodo Di Korea Selatan

kunjungan jokowi di seoul

Kunjungan yang dilakukan oleh orang nomor satu di Indonesia, presiden Joko Widodo bersama dengan ibu negara Iriana Jokowi ke Korea Selatan pada tanggal 9 – 11 September 2018 lalu menjadi sorotan mata dunia. Pasalnya, Presiden Jokowi menunjukkan kinerjanya sebagai presiden di Indonesia dalam serangkaian kegiatan yang membuat wali kota Seoul, Park Won-soon merasa terkesan. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh presiden Joko Widodo adalah melakukan blusukan di kawasan perbelanjaan Dongdaemon.

Kunjungan yang dilakukan pak Jokowi adalah bentuk balasan atas kunjungan presiden Korea Selatan, Moon Jae-in ke Indonesia pada tahun 2017 lalu. Saat jalan-jalan di tepi sungai Cheonggeyecheon, presiden Indonesia Joko Widodo mengemukakan bahwa ia ingin menjadikan sungai Ciliwung seperti sungai Cheonggeyecheon yang bersih

“Dulu Cheonggeyecheon juga sangat kotor dan tidak jernih seperti sekarang, tapi wali kota sebelum saya membuatnya jadi bersih seperti sekarang dan orang-orang jadi senang berjalan-jalan di sini. Sebenarnya di kota-kota yang cepat berkembang di seluruh dunia masalahnya juga sama seperti ini, termasuk di Korea Utara, kemarin Presiden Kim Jong-un juga menyatakan hal yang sama,” kata Park Won-soon.

Sementara seorang warga Seoul mengaku terkesan dengan penampilan Jokowi pada pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus lalu. “Presiden Jokowi keren sekali saat naik motor di pembukaan Asian Games. Saya terkesan melihat dia melakukan itu,” kata Sunny Eunsun.

Selepas menghadiri Forum Bisnis dan Investasi Indonesia-Korea 2018, Presiden Joko Widodo atau Jokowi beserta Ibu Negara Iriana bertolak menuju Istana Changdeok, Seoul, Senin 10 September 2018. Jokowi dan rombongan langsung disambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beserta Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook. Tampak juga anak-anak Indonesia dan Korea menyambut kedatangan kedua kepala negara dengan mengibarkan bendera Indonesia dan Korea Selatan.

Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom menjelaskan, Jokowi merupakan kepala negara pertama yang disambut di Istana Changdeok. “Ini pertama kali, Presiden Korea Selatan menyambut tamunya di Istana Changdeok. Hal ini juga menunjukkan bahwa kami sangat menghormati Presiden Jokowi,” ucap Kim Chang-beom dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin, 10 September 2018. Karena biasanya upacara kenegaraan penyambutan kepala negara dilakukan di Istana Kepresidenan Blue House.