KPU Prioritaskan Pengiriman Kotak Suara di Papua Barat

pengiriman kotak suara ke papua barat

KPU mulai mengirim logistik Pemilu 2019 berupa kotak suara dan bilik suara. Terdapat daerah yang pengirimannya diprioritaskan lebih dulu oleh KPU.

“Ada beberapa daerah yang jadi prioritas pengiriman kotak suara dan bilik suara,” ujar komisioner KPU Pramono Ubaid Thantowi di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2018).
Baca juga: Ini Aturan Iklan Kampanye Pemilu di Medsos hingga Stasiun TV

Pramono mengatakan terdapat beberapa daerah prioritas yang kotak suara dan bilik suaranya telah dikirim. Daerah tersebut merupakan daerah dengan tujuan terjauh.

“Daerah-daerah yang sudah kami kirimi adalah daerah yang tujuannya terjauh dari sisi geografisnya paling sulit, sehingga kita dahulukan (pengirimannya),” ujar Pramono.

Daerah yang telah dilakukan pengiriman di antaranya Papua Barat dan Papua. Pengiriman ini berlangsung sejak 4 Oktober 2018.

“Katakanlah Papua Barat, itu nanti kirim tanggal 5 Oktober sampai baru tanggal 18 Oktober. Lalu Papua itu dikirim 4 Oktober, baru sampai 23 Oktober,” kata Pramono.

Selain itu, terdapat daerah lain yang telah dilakukan pengiriman logistik, di antaranya Maluku Utara, Gorontalo, hingga Sumatera Utara. Namun, menurutnya, pengiriman ini belum dilakukan seluruhnya.

“Sudah ada banyak (logistik yang dikirim) ke Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Bangka Belitung, Sumatera Utara,” tuturnya.

“Ada yang sudah kirim, tapi ini belum seluruhnya ya, masih ada kabupaten di provinsi itu. Jadi kabupaten tertentu di provinsi itu yang didahulukan, belum seluruh provinsi itu,” sambungnya.